PHP-Java Bride (Langkah Menuju PHP-Jasper Report)

Baru awal menggunakan PHP, langsung disuruh bikin report
Walhasil bingunglah aku..kebanyakan tool report support buat Java, tapi untuk PHP??
Aku pingin bikin report yg make tool (IReport/Jasper) tapi bisa dipanggil lewat PHP…hiks.
Setelah nanya2 mbah Google..akhirnya nemuin adanya PHP-Java Bridge..Wah dunia agak tercerahkan😀
Hwa..agak lama juga nih nyetting2 PHP-Java Brdige..harus ini lah..harus itulah..
Yah..dikarenakan saya pelupa..mending aku tulis di blog ini deh langkah2nya..
So..kalo besok2 lupa ya tinggal buka aja
Okeh..Let’s Start..

Requirement PHP-Java Bridge (Yang aku pake berdasarkan…..Aku lupa linknya😀 )
1. php-5.1.6-Win32
2. apache_2.0.59-win32-x86-openssl-0.9.7j.msi
3. php-java-bridge_3.2.1b_j2ee.zip (http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=117793)
4. JDK 1.6.0-b105.exe
5. iReport-2.0.2-windows-installer.exe(buat design reportnya)

Langkah2 setting PHP-Java Bridge (Aku nyontek di http://www.dsl.uow.edu.au/~sk33/php5java.htm )
1. Install Apache,PHP,Java (langkah2nya ga aku sebutin..dgn asumsi semua dah pada bisa)
2. Unzip php-java-bridge_3.2.1b_j2ee.zip
3. Open with Winrar file JavaBridge.war
4. Copy file JavaBridge.jar pada folder JavaBridge.war\WEB-INF\lib ke Folder C:\PHP\lib\ext
5. Copy file java-x86-windows.dll pada folder JavaBridge.war\WEB-INF\cgi kemudian remane menjadi php_java.dll
6. Setting php.ini, tambahkan
extension=php_java.dll

[java]
java.java_home = “C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin”
java.java =”C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin\javaw.exe ”
java.class.path =” c:\php\ext\JavaBridge.jar ”
java.library.path =” c:\php\ext ”
java.library =”C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\jre\bin\server\jvm.dll”
;java.hosts =”127.0.0.1:8080″
;java.servlet = One
java.log_level = 2

Save PHP.ini
7. Restart Apache kemudian coba lihat phpinfo nya….(<?php phpinfo(); ?>)
8. Jika dah ada Java Enabled??
9. Test apakah PHP anda sudah support Java
Jalankan script ini :

<?php

// get instance of Java class java.lang.System in PHP
$system = new Java(‘java.lang.System’);

// demonstrate property access
echo ‘Java version=’ . $system->getProperty(‘java.version’) . ‘<br/>’;
echo ‘Java vendor=’ . $system->getProperty(‘java.vendor’) . ‘<br/>’;
echo ‘OS=’ . $system->getProperty(‘os.name’) . ‘ ‘ .
$system->getProperty(‘os.version’) . ‘ on ‘ .
$system->getProperty(‘os.arch’) . ‘ <br/>’;

// java.util.Date example
$formatter = new Java(‘java.text.SimpleDateFormat’,
“EEEE, MMMM dd, yyyy ‘at’ h:mm:ss a zzzz”);

echo $formatter->format(new Java(‘java.util.Date’));

?>

Jika dilayar dah muncul Java Version bla..bla..maka Anda sukses setting PHP-Java Bridge..Selamat..selamat…

Untuk tes2 lebih lanjut bisa lihat di http://www.dsl.uow.edu.au/~sk33/php5java.htm dijamin lengkap..

It’s time to PHP-Jasper Report..look at the next post

    • awang
    • March 6th, 2008

    mbak mau tanya, kalau kita develop make windows, tapi pas implementasi dipake nya di linux, client dan servernya yg perlu di install apaan aja ?
    boleh minta contoh report simple yg make java-bridge ini ?
    makasih

    • dhanu
    • March 25th, 2008

    Mas bisa minta contohnya gak..makasih

    • firdah
    • April 22nd, 2008

    Ya ampunn..maaf banget ya buat kalian..
    kemarin2 aku tuh dah nulis kelanjutannya, tapi lupa ga aku publish

    Setelah coment2 kalian muncul..aku mo baless ehh malah lupa password
    kacau dehh,,,

    Maaf ya…

    Oh ya..dan saya bukan mas ya tapi mbak hehehe..

    • sumar
    • December 7th, 2009

    alow,.. mba salam kenal. bagus tutorialnya.
    bisa bantu nggak ? aku kan web servernya linux bisa nggak di pake jasper report ?

    tks

  1. jadi sebenernya gesper itu make java yg mas? trus klo hosting trus mo make gesper, apakah sudah tersedia secara default java nya di server mas? apakah diijinkan kita install java di server mas?

    eh iya mas.. mas nya udah kerja belum? klo belum di kantor saya lg butuh programmer PHP tuh mas, serius nih😀

    • Ngadimin
    • July 8th, 2010

    Halo mba, apa kabar?
    saya juga lagi pusing nih sama report diphp, jadi gini mba…
    target environment production aplikasi yang saya bangun adalah sbb :
    1. PHP
    2. Apache
    3. Mysql
    4. Mac OS

    Nah, saya ragu bisa ga yah kalo pake Mac OS.
    soalnya saya ga tau gimana caranya chatting sama mba firdah kalo pake Mac OS. Boleh minta id ym-nya mba? supaya saya bisa test buat chatting sama mba firdah di ym😀

    • rifki
    • October 4th, 2010

    Masih belum bisa, stack di No. 8. padahal sudah sesuai instruksi. ketika di coba muncul:

    Fatal error: Class ‘Java’ not found in D:\www\javatest.php on line 4

    kondisi: server telah di install menggunakan appserv-win32-2.5.9.exe

    mohon pencerahannya. Soalnya butuh untuk buat file jasperprint.

    thx.

    • Rudy
    • October 12th, 2010

    Kurang komplete nih tutorialnya

  2. @Rudy
    hmmm, udah dikasih hati minta yang lain kau ini! bilang terima kasih po’o udah mau sharing…

    • shiddiq
    • January 26th, 2011

    ini buat PHP 4 kebawah ya? soalnya kl buat PHP 5 keatas, udah ga pake php_java.dll, nah ini yang jadi permasalahannya, bener2 ga ada artikel/tutorial soal ini buat php versi 5 keatas

  3. bisa dicoba buat riset, kalo bisa dikasi tutorial buat report dari php,jasper, dan screenshootnya.😛 makasih

  4. Nice website. I was looking for such information. Really helpful points. Thanks for the information

  5. mantappp nhe tulisannya

    • riyusan
    • May 9th, 2012

    @shiddiq
    sy juga mengalamai hal yang sama .. adakah solusinya ..??
    buat PHP 5> php_java.dll ga mau di jalanin pd saat restart apache

    help …

  6. mba, bermanfaat bgt tutorialnya. keren.. : )
    saya lagi pelajarin jasper nh mba, smoga az bisa nh kya mba. hee..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

